Pengikut

Selasa, 22 Juli 2008

USWATUN HASANAH


INNAMA BU'ITSTU LI 'UTAMMIMA MAKARIMAL AKHLAQ
( sebenarnya aku ini diutus untuk menyempurnakan ahlak, Al Hadist )

Ketahuilah bahwa Rosulullah SAW senantiasa banyak merendah dan berdoa sepenuh hati. Beliau selalu memohon kepada Allah SWT agar menghiasi dirinya dengan adab-adab yang baik dan akhlak yang mulia.
Didalam salah satu doanya, Rosulullah SAW berdoa : “ Ya Allah, baguskanlah bentukku dan akhlakku “

Akhlak Rosulullah Muhammad SAW menurut sebagian ulama dan hadist
Rosulullah Muhammad SAW adalah manusia paling sabar, paling adil dan paling menjaga kesucian. Tangannya tidak pernah menyentuh tangan perempuan yang bukan beliau miliki ( berhak ).
Rosulullah Muhammad SAW adalah manusia paling dermawan. Tidak bermalam padanya satu dinar atau satu dirham pun. Apabila ada kelebihan sesuatu dan beliau tidak menemukan orang yang akan diberinya, beliau tidak memasuki rumah sebelum kelebihan itu lepas daripadanya kepada orang yang membutuhkan ( subhanallah ! ).
Beliau tidak mengambil dari rezeki yang dianugerahkan kepadanya selain untuk makan.
Rosulullah Muhammad SAW menambal sandal, menjahit pakaian, melayani urusan keluarganya dan memotong daging bersama mereka. Rosulullah Muhammad SAW adalah manusia yang sangat pemalu, tidak pernah beliau memandang lama pada wajah seseorang. Beliau memenuhi undangan hamba sahaya dan orang merdeka. Rosulullah Muhammad SAW pun menerima hadiah walaupun seteguk susu dan sepotong paha kelinci. Beliau memakannya.
Rosulullah Muhammad SAW tidak makan dari barang sedekah. Apabila Rosulullah Muhammad SAW marah, maka demi Tuhannya, bukan marah karena nafsunya.
Rosulullah Muhammad SAW sangat memperhatikan orang yang sakit, dan beliau menjenguk orang sakit sampai bagian kota madinah yang terjauh. Beliau menyukai wewangian dan membenci bau yang tidak sedap.
Rosulullah Muhammad SAW suka duduk-duduk dan makan bersama orang-orang miskin. Beliau suka memuliakan orang yang mempunyai akhlak mulia. Beliau menerima permohonan maaf, dari siapa saja. Beliau bersenda gurau, suka tertawa tapi tanpa terbahak-bahak. Beliau pernah melihat permainan yang mubah dan tidak membenci permainan tersebut. Beliau juga pernah balapan lari dengan salah seorang istrinya.

Kemuliaan Rosulullah Muhammad SAW juga disebutkan dalam kitab lain.
Di dalam Taurat ( pada bagian pertama )
Allah berfirman : Muhammad adalah utusan Allah, hamba-Ku yang terpilih, tidak berkata kasar, tidak berhati keras, tidak berteriak di pasar-pasar, tidak membalas kejahatan dengan kejahatan melaikan memaafkannya. Kelahirannya di Mekah, hijrahnya ke Taibah ( Madinah ), kekuasaannya di Syam dan berkain sarung di atas pinggangnya.
Demikian juga sifat-sifat Rosulullah Muhammad SAW disebutkan di dalam kitab Injil.

Bicara dan tertawa Rosulullah Muhammad SAW
Rosulullah Muhammad SAW adalah orang yang paling fasih bicaranya dan paling manis kata-katanya. Sabda beliau : “ Aku adalah orang Arab yang paling fasih “
Sesungguhnya penghuni surga berbicara dalam bahasa Rosulullah Muhammad SAW.

Beliau tidak berbicara dalam keadaan sedang marah atau senang kecuali hanya kebenaran. Rosulullah Muhammad SAW adalah orang yang paling banyak tersenyum.

Akhlak makan Rosulullah Muhammad SAW.
Menu makan Rosulullah Muhammad SAW adalah air dan kurma. Buah yang beliau sukai adalah kurma, semangka dan anggur.
Rosulullah Muhammad SAW menggabungkan susu dengan kurma, dan beliau namakan itu al-athyabain ( dua yang paling baik ).
Makanan yang paling beliau sukai adalah daging, dan beliau bersabda, “ Daging itu dapat menambah pendengaran, dan itu adalah makanan utama di dunia dan akhirat. Seandainya aku memohon kepada Tuhanku agar Dia memberiku makanan daging setiap hari, niscaya Dia akan memberi “

Akhlak berpakaian Rosulullah Muhammad SAW
Kebanyakan pakaian Rosulullah Muhammad SAW adalah berwarna putih. Sabda beliau “ Pakailah pakaian putih dan kafanilah orang-orang yang mati diantara kami dengannya ( warna putih ) “
Beliau memakai kopiah di bawah serbannya. Kadang-kadang beliau melepaskan kopiah dari kepalanya, lalu meletakkan sebagai pembatas di hadapannya ketika beliau hendak salat.
Apabila memakai pakaian, beliau selalu memulainya dengan sebelah kanan terlebih dahulu. Dan mendahulukan yang kiri ketika melepas pakaian tersebut.
Rosulullah Muhammad SAW memiliki tikar tidur yang terbuat dari kulit yang disamak yang disiisi dengan serabut kurma. Panjang tikar tersebut kira-kira dua hasta dan lebarnya adalah satu setengah hasta. Beliau memakai ikat pinggang dari kulit yang di samak, dan terdapat tiga lingkaran dari perak pada ikat pinggang tersebut.

Do'a
Ya Allah, tunjukkan padaku kebenaran itu sebagai kebenaran, lalu aku mengikutinya. Tunjukkanlah kepadaku kemungkaran itu sebagai kemungkaran, lalu berilah aku ( kekuatan ) untuk menjauhinya. Lindungilah aku dari perkara yang samar ( meragukan ) bagiku, lalu kami mengikuti hawa nafsu tanpa mendapatkan petunjuk-Mu. Jadikanlah hawa nafsuku mengikuti ketaatan kepada-Mu. Tunjukkanlah aku kebenaran pada hal-hal yang masih dipertentangkan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada orang yang Engkau kehendaki ke jalan lurus, amin..


( dikutip dari Ihya 'Ulumuddin pasal Adab dan Aklak Nabi )

Tidak ada komentar: